Jumat, 07 Desember 2012

Menganalisa Strategi LENOVO Smartphone Menggeser NOKIA dan MOTOROLA


Rasanya belum lama saya mengenal Smartphone dari Lenovo, kurang lebih sekitar pertengahan tahun 2012, itu pun saya sempat terkaget-kaget ketika Lenovo yang dikenal merupakan produsen komputer melakukan diversifikasi usaha menjadi produsen Telepon genggam.

Berikut adalah data penjualan Smartphone di dunia di tahun 2012

Rank MakerUnits Q3 2012
(Million) 
Units Q2 2012
(Million) 
Growth (Million)% Growth
1Samsung56,2050,405,8011,51%
2Apple26,9026,000,903,46%
3Huawei16,007,009,00128,57%
4Sony8,807,501,3017,33%
5ZTE8,008,000,000,00%
6HTC7,808,80-1,00-11,36%
7RIM7,407,80-0,40-5,13%
8LG7,206,500,7010,77%
9Lenovo7,005,971,0317,25%
10Nokia6,3010,20-3,90-38,24%
Others19,8010,809,0083,33%
TOTAL171,40153,0018,4012,03%

Rank MakerMarket Share Q3 2013Market share
Q2 of 2012
ChangeOS supported (coming)
1Samsung32,79%32,94%-0,15%Android, bada, Windows, (Tizen)
2Apple15,69%16,99%-1,30%iOS
3Huawei9,33%4,58%4,76%Android, (Tizen)
4Sony5,13%4,90%0,23%Android
5ZTE4,67%5,23%-0,56%Android, Windows
6HTC4,55%5,75%-1,20%Android, Windows
7RIM4,32%5,10%-0,78%Blackberry
8LG4,20%4,25%-0,05%Android
9Lenovo4,08%3,90%0,18%Android
10Nokia3,68%6,67%-2,99%Symbian, Windows, MeeGo
Others11,55%7,06%4,49%Android, Windows, others,   (MeeGo), (Tizen)
TOTAL100,00%100,00%

Diolah dari Sumber http://communities-dominate.blogs.com

Agar lebih jelas maka data tersebut dapat digambarkan dalam grafik berikut:

Grafik Penjualan Smartphone Q2 & Q3 2012
Diolah dari Sumber http://communities-dominate.blogs.com 
Dari data diatas terlihat bahwa penjualan smartphone di seluruh dunia tetap meningkat di Q3 2012 sebanyak 12,3 %, Namun pertumbuhan penjualan perangkat smartphone ini tidak diikuti oleh tiga merek yang sudah ada sejak lama, yaitu NOKIA, HTC, dan RIM (bahkan MOTOROLA pun menurun, dimana di Q2 masih masuk di 10 besar). Bahkan NOKIA mengalami penurunan terbesar, diikuti oleh HTC, dan RIM.

Lenovo, yang kita ketahui dahulu merupakan IBM produsen PC dan Laptop dari China dengan kantor terdaftar di Hongkong, dengan cerdas mencoba meraih perkembangan pasar baru ketika pangsa pasar PC dan Laptop mulai stagnan.

Prakiraan penjualan PC dan Tablet 2010-2016
sumber : IDC, Guardian
LENOVO melihat, pertumbuhan smartphone yang cukup menjanjikan, dapat terlihat pada dominiasi trafik data yang telah diperkirakan oleh CISCO.
Prakiraan Pertumbuhan Trafik Data pada perangkat bergerak
sumber CISCO VNI
Dari data diatas selanjutnya mari kita amati strategi yang dilakukan oleh LENOVO. Sebagai tahap awal mari kita lihat kondisi industri telefon genggam saat ini:

Rank . OS Platform . . . . . . Units . . . . . Market share  . . Was in Q1 of 2012
1 . . . . Android . . . . . . . . . 427 M . . . . . 41 % . . . . . . . . ( 32 %)
2 . . . . Symbian . . . . . . . . 259 M . . . . . 25 % . . . . . . . . ( 30 %)
3 . . . . iOS  . . . . . . . . . . . 198 M . . . . . 19 % . . . . . . . . ( 18 %)
4 . . . . Blackberry  . . . . . . 108 M . . . . . 10 % . . . . . . . . ( 11 %)
5 . . . . bada . . . . . . . . . . . . 19 M . . . . .  2 % . . . . . . . . (   2 %)
6 . . . . Windows Phone . . . . 14 M . . . . . 1 % . . . . . . . . (   1 %)
7 . . . . Windows Mobile . . . . 13 M  . . . .  1 % . . . . . . . . (   2 %)
Others . . . . . . . . . . . . . . . . 21 M . . . . .  2 % . . . . . . . . (   3 %)
TOTAL Installed Base . . . 1,059 M smartphones in use at end of Q2 2012
Source: TomiAhonen Consulting Estimates August 15, 2012 from vendor data and other sources


  1. Telefon konvensional semakin menurun, seiring dengan perkembangan teknologi seluler yang semakin mendukung transfer data/internet dengan kecepatan tinggi (W-CDMA, WiMAX, LTE)
  2. System Operasi Smartphone menguasai pasar hingga saat ini ( bahkan system operasi Androids telah menjadi system operasi terbanyak digunakan)
  3. Perkembangan prosesor semakin meningkat (kecepatan maupun jumlah core), dengan platform chip kaya fungsi namun hemat energi dari ARM.
  4. Perang paten antara Apple dan Samsung (2 produsen terbesar smartphone) yang lebih spesifik pada perang sistem operasi antara Androids dan IOS
  5. Adanya dua pilihan antara Smartphone dan Tablet PC, yang memiliki fitur berbeda namun meniliki kemampuan yang hampir sama, bahkan melahirkan perangkat hybrid seperti Samsung Galaxy Note.
  6. Perkembangan versi IOS, dimana Google yang relatif masih muda lebih cepat melakukannya dibandingkan dengan Apple dan RIM. 
  7. Apple masih menargetkan pasar premium, Samsung dengan target pasar medium, sementara RIM menargetkan pasar premium namun terlambat mengantisipasi perkembangan kompetitor lainnya.
  8. RIM terlambat mengembangkan produk, namun masih dapat bertahan berkat fitur propitary BBM yang saat ini mulai disaingi oleh aplikasi pesan Whatsapp atau Viber.
  9. Perang pasar tablet terus terjadi, dengan dominasi oleh produk China atau Taiwan, yang juga merupakan tempat manufaktur beberapa perangkat smartphone dunia.
  10. NOKIA lebih memilih mengembangkan Windows Phone sebagai pengganti Windows Mobile. Meego dan Symbian daripada mengadopsi Google Androids yang semakin tumbuh dengan cepat.
  11. Harga Smartphone dan Tablel yang relatif masih tinggi, sehingga lebih banyak dimiliki oleh kalangan ekonomi atas, atau kalangan medium atas. 

Sementara disatu sisi, LENOVO telah memiliki beberapa keunggulan:

  1. Sejak berdiri di tahun 1984, selalu mengutamakan kualitas.
  2. Menguasai teknologi PC pada saat mengakuisisi IBM
  3. Menjadi produsen Laptop kedua didunia dengan keunggulan harga yang kompetitif namun dikenal dengan kualitas tinggi dengan mewarisi kualitas IBM
  4. Lenovo memiliki divisi mobile yang sempat dijual pada tahun 2008 namun diakuisisi kembali pada tahun 2009 sehingg dapat menguasai pasar lokal (China) sebagai produsen ke 3.
  5. Lenovo cukup berani melakukan merger dan mengakuisisi perusahaan lain untuk menguasai teknologi dan menguasai pasar dunia dengan cepat.

Dengan melihat fakta-fakta diatas, terlihat bahwa LENOVO telah melakukan beberapa strategy yang tepat untuk masuk ke pasar smartphone dengan memanfaatkan Windows of Opportunity yang terjadi di pasar smartophone dimana saat ini masih berada pada tahap "Early Growth"
Siklus Hidup Teknologi
sumber : Materi Manajemen Teknologi UI
Dimana. LENOVO menjadi imitator dan dengan beberapa keunggulannya dapat mengurangi biaya-biaya tambahan dan lebih pada fixed cost produksi dan itupun sudah dapat dikurangani dengan kemampuan produksi yang ada sehingga dapat menjual produk dengan harga sangat kompetitif.

Cost of Entry = fixed cost    +   3 groups of elements


  1. Cost of scientific and technical knowledge (S)
  2. Cost of acquiring the experience: to handle it and bring successfully to the market (E), 
  3. Cost of  overcoming any “locational” disadvantages related to general infrastructure and other institutional conditions surrounding firms (X) 



Dengan pengalaman sejak tahun 1984, LENOVO dapat membaca pasar smartphone dan melakukan beberapa strategi sebagai berikut:
  1. Selalu mengikuti tren teknologi prosesor yang terkini (single core, dual cores , Quad cores)
  2. Mengikuti tren layar lebar pada smartphone (3.5", 4", 5")
  3. Mengikuti tren sistem operasi terkini, Androids 4.0 ICS
  4. Memiliki jajaran produk dengan kemampuan dual sim (perang tarif membuat pengguna memiliki lebih dari satu nomor operator)
  5. Terdahulu dalam daya tahan baterai dengan memberikan baterai dengan kapasitas besar (2500, 3500 mAH)
  6. Dan yang paling penting, adalah harga yang sangat kompetitif namun memiliki kualitas lebih tinggi.
Dengan strategi ini, LENOVO Smartphone (ideaPhone) berhasil melewati sang maestro telepon bergerak NOKIA dan MOTOROLA. Bersama dengan produk  dari negeri gingseng (Samsung dan LG) menyalip dominasi Eropa dan Amerika sang penemu teknologi telepon bergerak seluler. 

Dari sini kita dapat belajar bahwa mengejar ketertinggalan pengetahuan atau teknologi itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, terbukti oleh Korea Selatan dan China. Hal itu dimulai karena memanfaatkan peluang mahalnya ongkos produksi di Eropa dan Amerika, sehingga mengalihkan produksinya ke negara-negara tersebut. Dengan berdirinya industri manufature di negeri tersebut, mempercepat adaptasi teknologi dari suatu negara, yang dengan kegigihan bangsanya dapat melompati sang tuan.

Kemudian, dari para data produsen yang menurun, kita dapat belajar pula bahwa melihat strategi kompetitor dan melihat perkembangan pasar adalah suatu keharusan untuk dapat menyusun strategi yang tepat sehingga dapat tetap bertahan dan tetap menjadi bagian di dalam perkembangan pertumbuhan pasar.

Semoga, Pemerintah dapat lebih bijaksana dalam membuka peluang bagi para produsen asing membuka industri manufakturnya di Indonesia. Mengejar Pemasukan Pajak dan sejenisnya, serta membuka lapangan kerja massal hanya keuntungan sesaat, sementara kekayaan intangible  berupa ilmu dan teknologi merupakan keuntungan jangka panjang baik bagi negara maupun generasi masa mendatang.

(Dirangkum dari berbagai sumber internet, dan analisa pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar