Selasa, 11 Desember 2012

Menakar kebutuhan internet keluarga (Telkom Speedy)

Tahun lalu, pada saat saya mulai mendaftar dan menggunakan telkom Speedy untuk akses internet dirumah rasanya 3Gb (socialita) masih terlalu berlebih untuk keluarga saya. terkadang di akhir bulan saya selalu merasa sayang jika kuota masih sangat berlebih, bahkan lebih dari 1Gb
Namun kini terasa berbeda, beberapa bulan lalu saya mulai merasakan lambatnya akses internet di rumah padahal masih pertengahan bulan, setelah di periksa pemakaian ternyata pemakaian kami sudah over quota. bahkan hingga 3x lipat lebih di akhir bulan.
Data Pemakaian Speedy bulanan
Hal ini menarik, ternyata batasan 3Gb saat ini sangat tidak mencukupi untuk kebutuhan akses internet keluarga kami, dan menurut saya hal ini sama dengan keluarga lain pada umumnya karena kami hanya keluarga kecil yang menurut kami biasa saja.
perangkat kami yang menggunakan akses internet speedy:
  1. 2 buah laptop (satu untuk keluarga di rumah dan satu untuk bekerja)
  2. 3 buah telepon genggam, dengan kemampuan WiFi. (diluar akses internet prabayar lewat 3G)
layanan apa saja yang sering kami gunakan:
  1. website berita (Detik.com, Kompas.com dll) 
  2. Mesin pencari google
  3. Akses Facebook anggota keluarga
  4. Akses Youtube, 
  5. Akses perpesanan (Whatsapp)
  6. Games (online atau pun smartphone)

Dari data-data diatas, saya coba memperkirakan fitur atau aplikasi apa saja yang memakan bandwidth internet, diantaranya
  1. Video, baik youtube maupun situs berita
  2. Foto
  3. Games online
  4. Iklan bergambar atau gambar bergerak
Mengapa keempat hal diatas?

  1. Video sekarang telah menjadi salah satu media yang makin banyak digunakan, di Youtube anda bisa menemukan berbagai macam hal, seiring dengan kemampuan berbagai macam gadget (Pocket Camera, Smartphone, Tablet) untuk mendokumentasikan berbagai macam hal kedalam bentuk digital. Kini streaming pun banyak ditemukan di internet dengan berbagai macam resolusi.
  2. Foto, kemampuan telepon genggam berkamera dan fitur berbagi langsung menjadikan berbagai macam foto mudah untuk diupload di internet, dapat anda temukan di facebook, perpesanan instan, blog, mail list, dll. Semakin tinggi kemampuan resolusi kamera, semakin besar pula file yang dihasilkan.
  3. Games online, flash turut berandil dalam memperbesar trafik internet kita belum termasuk iklan-iklan yang muncul tanpa kita sadari. Untuk games offline free, tanpa kita sadari turut berandil dalam memperbesar trafik download, dan hampir semuanya adalah iklan yang tak kita kehendaki. Sebuah resiko yang harus diterima untuk sesuatu yang gratis.
  4. Iklan bergambar, hampir semua media berita online nasional saat ini banyak memunculkan iklan dengan ukuran gambar yang cukup besar bahkan dengan iklan bergerak dan jumlah yang tak sedikit pula, tentunya ini akan memakan bandwith internet kita  
Nah dari gambaran ini, pertanyaannya adalah apakah 3G masih cukup untuk memenuhi kebutuhan akses internet sebuah keluarga di Indonesia?
Biaya Langganan Speedy Unlimited
Bagi beberapa keluarga, Rp. 200 ribu perbulan mungkin sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan akses internet, dan jika harus membayar lebih apalagi diatas Rp. 600 rb rupiah rasanya terlalu mahal.
Dengan melihat konten-konten saat ini, dan data pemakaian yang kami miliki rasanya kuota tersebut sudah tidak mencukupi, selain itu pula saat ini kecepatan internet pun semakin bertambah. Perkembangan variasi konten internet telah memicu pemakaian bandwith yang luar biasa, tentunya hal ini perlu diantisipasi oleh ISP, untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggannya.

Bahkan bukan suatu yang mustahil beberapa tahun kedepan, perang tarif akses internet akan terjadi di layanan akses internet, seperti yang terjadi saat ini pada layanan seluler. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar